Kamis, 19 Mei 2011

09.26 - 2 comments

KLIKITONG SIAU

Klikitong adalah alat musik tradisonal siau yang pada dasarnya merupakan musik kelompok karena memiliki dua alat musik yang digabungkan sehingga membentuk suatu perpaduan alat musik yang dinamakan dengan music Klikitong. Nama Klikitong diambil dari bunyi music tersebut yang dilapalkan(tong….kliki…tong….kliki….tong..tong)Musik ini terbentuk karena adanya inisiatif dari masyarakat Siau yang keseluruhannya berstatus sebagai petani agar mereka termotifasi untuk lebih bersemangat lagi dalam bekerja. Musik klikitong adalah musik taradisional Siau yang keberadaannya masih ada di Desa Dame Kec. Siau Timur.
Alat musik ini merupakan alat musik yang termasuk dalam klasifikasi alat musik pukul, jika dilihat dari cara membunyikannya, dan jika dilihat dari sumber bunyinya kedua alat musik ini adalah alat musik Idiophone (Talempong) dan Membranophone (Tagonggong)
Alat musik pukul menghasilkan suara/bunyi sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya adalah kolintang (bernada), drum (tak bernada), dan lain-lain. Alat musik yang ada pada klikitong yaitu Tagonggong dan Talempong.
Tagonggong
Tagonggong merupakan alat musik pukul yang berbentuk seperti silinder besar, terbuat dari sepotong batang kayu besar yang berukuran panjang kira-kira 1 meter lebih dan berdiameter kira-kira 50-60cm, Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk silinder besar. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang,(kulit kambing) yang berfungsi sebagai membran atau selaput. Bila dipukul, tagonggong menimbulkan suara berat, rendah, tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh. bagian belakangnya memiliki lubang kecil yang tidak di tutup, bagian depan yang terdapat membrane merupakan bagian yang akan dipukul atau bagian yang menghasilkan getar ( Bunyi ), alat ini memiliki sepasang pemukul yang terbuat dari rotan yang diraut menjadi tipis dan panjangnya berukuran ±30-40cm. karena memiliki membrane sebagai sumber bunyi maka alat musik ini termasuk dalam klasifikasi alat musik pukul yang tergolong dalam alat musik Membranofon. Membranofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh : tifa, drum, kendang, tam-tam, rebana dan lain-lain.
Talempong
Talempong adalah sebuah alat musik pukul khas Siau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong terbuat dari tembaga yang ditempah, . Saat ini talempong dari jenis tembaga lebih banyak digunakan. Talempong ini berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. Talempong Siau memiliki perbedaan dengan Talempong yang ada ditempat lain seperti di Minangkabau, Talempong yang ada di Minangkabau memiliki sepasang pemukul sedangkan Talempong Siau memiliki satu pemukul. Bunyi dihasilkan yaitu dari kayu yang dipukulkan pada permukaan Talempong, atau berasal dari badan alat musik itu sendiri, sehingga termasuk dalam klasifikasi alat musik pukul yang tergolong dalam alat musik Idiofon. Idiofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari badan alat musik itu sendiri dan bahan dasarnya. Contoh: kolintang, angklung dan lain-lain.

Klikitong merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak beberapa tahun lalu, Klikitong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti, Tari Pelonihaka yang juga merupakan tarian khas Siau. klikitong juga digunakan untuk melantunkan musik menyambut tamu istimewa
Fungsi Klikitong,
1.Sarana Keagamaan (Komunikasi Spiritual)
Musik Klikitong dikatakan sebagai sarana keagamaan karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dimana musik Tangonggong, dipentaskan dalam upacara-upacara adat yang selalu dihubungkan dengan manusia dan Tuhannya.
2.Sarana komunikasi Sosial
Dikatakan sebagai sarana komunikasi sosial karena dalam pementasannya melibatkan banyak pendukung yang terdiri dari pemain alat musik sampai pada penarinya. Dalam persiapan dan sesudah pementasan semua orang yang terlibat saat itu dapat bertukar informasi baik pemain dengan pemain, pemain dan penari, bahkan dengan semua penonton yang hadir saat itu.
3.Sarana hiburan
Pementasan-pementasan Musik Klikitong yang dapat menarik perhatian warga secara menyeluruh, sebab pelalui pementasan tersebut kebutuhan terhadap seni dapat terpenuhi, dan lewat acara-acara tersebut para penduduk (Siau) sangat terhibur.


tagonggong yang sedang dimainkan


talempong yang sedang dimainkan



2 komentar:

bermanfaat..
makasih sharenya

sangat senang dan bangga ada bloger yang mengupload ssuatu yang bermanfaat serta bertujuan untuk pelestarian buadaya agar di kenal oleh khalyank luas ... maju dan sukses .. teruse salam kawanua siau banuaku tutune ...

Posting Komentar